Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya

Doa dan Kenang Para Pahlawan, Wabup Bengkalis Pimpin Apel Kehormatan Renungan Suci

0 45

Faktanusantaraya.com BENGKALIS – Sudah menjadi tradisi Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya dengan menziarahi makam para pahlawan atau renungan suci, untuk mendoakan dan mengenang jasa-jasanya para pejuang tepat pada pukul 00.00 WIB, di setiap tanggal 17 Agustus.

Pada peringatan kemerdekaan yang ke- 78 Republik Indonesia tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kembali menggelar Apel Kehormatan, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Kesatria, Kamis, 17 Agustus 2023.

Bupati Bengkalis, Kasmarni, diwakili Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso, menjadi Inspektur Upacara Kehormatan yang berlangsung khidmat kala itu.

Dengan diterangi cahaya obor di kanan dan kiri, tepat pukul 00.00 WIB, selaku inspektur upacara Wabup H Bagus Santoso membaca naskah apel kehormatan dan renungan suci tersebut.

Adapun isi lengkap naskah apel kehormatan dan renungan suci yang dibacakan Bagus Santoso sebagai berikut:

“Kami yang hadir pada hari ini, Rabu, 17 Agustus 2023, pukul 00.00 WIB untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan angkatan bersenjata 31 orang, pejuang rakyat 14 orang dan pahlawan tak dikenal 1 orang.

Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian bangsa dan negara.

Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga.

Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat yang sewajarnya.”

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Endik Yunia, Kajari Bengkalis, Zainur Arifin, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Ketua DPRD Bengkalis, H Khairul Umam, Sekretaris Daerah Bengkalis dr Ersan Saputra dan anggota Forkopimda lainnya.

Kemudian, selain anggota TNI dan Polri, peserta apel kehormatan dan renungan suci tersebut juga diikut Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.(inf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.