Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya

2 Helikopter Water Bombing Dikerahkan Atasi Karhutla di Pasir Limau Kapas Rohil

0 77
KARHUTLA ROHIL

Faktanusantararaya.com | Rohil – Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mengerahkan 2 unit helikopter untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau.

“Iya, 2 helikopter water bombing kita kerahkan ke sana untuk membantu pemadaman Karhutla di Pasir Limau Kapas Rohil,” kata Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal, Sabtu (27/6/2023).

Ia menjelaskan bahwa kondisi karhutla di Pasir Limau Kapas Rohil cukup terisolir.

“Sudah sekitar 3 hari ini terbakar. Tim sedang berusaha memadamkan. Belum ada perkembangan terbaru, soalnya sinyal di lokasi karhutla itu juga jelek untuk komunikasi,” jelas Edy.

Sebelumnya, BMKG Stasiun Pekanbaru telah merilis informasi hotspot terbaru di Pulau Sumatera.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Anggun mengatakan bahwa total hotspot di Sumatera mencapai 100 titik. Yaitu tersebar di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 31 titik, Sumatera (Sumsel) 17 titik, Lampung 14 titik, Bengkulu 13 titik.

Lalu, Provinsi Riau 11 titik, Bangka Belitung 6 titik, Sumatera Utara (Sumut) 4 titik, Aceh 3 titik, dan Jambi 1 titik.

“Di Riau terdapat 11 hotspot, semuanya di Rokan Hilir, lebih tepatnya Kecamatan Pasir Limau Kapas,” kata Anggun.

Selain itu, BMKG Pekanbaru memprakirakan cuaca untuk wilayah Riau, pada, Sabtu (27/5/2023), diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang bakal mengguyur wilayah setempat.

“Hujan akan mulai mengguyur Riau pada siang hari dan akan berlangsung hingga dini hari.

Kemudian, hujan tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja,” kata Anggun.

Lalu, pada siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Riau.

“Potensi ini terjadi di Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Siak, Bengkalis dan juga Kuantan Singingi,” ucapnya.

Sedangkan malam hari, kata dia, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis dan juga Kuantan Singingi.

Lalu, pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti dan juga Pelalawan.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” ujarnya.

Dijelaskan potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Rokan hulu, Rokan Hilir, Kota Dumai, Kampar dan juga Kabupaten Bengkalis pada siang, sore dan malam hari,” ungkapnya.

Disampaikan juga, suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 33.0 °C dengan kelembapan Udara 58 – 98 %.

Sementara arah angin berhembus ke Selatan – Barat dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

“Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter,” tukasnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.