Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya

Pemkab Bengkalis Ikuti Rapat Rutin Inflasi Minggu Ke-3 Bulan Mei 2023

0 92

Faktanusantararaya.com, BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis kembali mengikuti rapat rutin inflasi minggu ke-3 bulan Mei, Senin 22 Mei 2023 secara virtual, di ruang Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis.Rapat rutin ini, dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian yang diikuti seluruh kepala daerah se-Indonesia.Diawal rapat tersebut Mendagri singgungkan mengenai resiko kekeringan yang perlu diwaspadai, termasuk fenomena pemanasan suhu El Nino.Tito juga berpesan dan meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan menghemat penggunaan air, pangan serta memperhatikan pentingnya untuk menjaga kesehatan.

Selanjutnya Mendagri menyampaikan pengendalian inflasi memperlihatkan hasil yang positif dan relatif baik. Pasalnya, berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) per 2 Mei 2023, angka inflasi bulan April 2023 hingga saat ini masih bertahan sebesar 4,33 persen.

“Kita akan terus konsisten untuk memonitor dan mengevaluasi serta mengantisipasi agar inflasi tetap terkendali,” ungkapnya.

Kemudian, Tito menjelaskan perkembangan inflasi berdasarkan kelompok pengeluaran terdapat inflasi yang cukup besar, yakni transportasi diangka 11,96 persen kemudian makanan, minuman dan tembakau diangka 4,58 persen, begitu juga inflasi perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga diangka 2,53 persen.

“Diharapkan masing-masing kepala daerah untuk terus melakukan upaya-upaya dalam rangka menjaga Inflasi. Sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan guna kesiapsiagaan dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan,” harap Tito.

Sementara itu, Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bengkalis H. Bustami HY mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus melakukan pemantauan terkait dengan inflasi daerah di Kabupaten Bengkalis terhadap ketersedian pangan serta terus melakukan monitor, evaluasi dan intervensi guna mendorong kerjasama antar daerah.

“Kita akan terus melakukan upaya untuk mempertahankan ketersediaan pangan dan melakukan monitoring dan evaluasi bersama,” pungkasnya.

Turut mengikuti rapat tersebut, Dandim 0303 diwakili Pelda Indra Guno Waka POK TUUD, Kabag Perekonomian Sekretariat Pemerintah Kabupaten H. Khairil Faisal, perwakilan dari Bulog Bengkalis dan perwakilan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.(inf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.