Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya

Cegah Banjir dan Erosi di Tandun, Kadis PUPR Rohul Anton ST MM Normalisasi kan Sungai

0 328
KARHUTLA ROHIL

Faktanusantararaya.com Rokan Hulu_ RPC

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) usai sudah melaksanakan kegiatan normalisasi aliran sungai di Desa ,Tandun Kecamatan Tamdun Kabupaten Rokan Hulu.

Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan atau mempertahankan keadaan memperlancar aliran sungai agar dapat mengalir dengan baik tanpa menimbulkan ancaman banjir atau erosi yang berdampak buruk bagi lingkungan sekitar ditengah masyarakat.

Normalisasi aliran sungai ini dikerjakan dengan alat berat untuk membersihkan dan memperdalam aliran sepanjang lebih kurang 1.700 M. Sedangkan lebar 2 sampai 3 meter ,variasi tergantung esiting tanah, ujar Rades

Proyek ini dilaksanakan CV empat putra sebagai penyedia dan CV FAUJA ARC Konsultan , dengan no kontrak 610/ NS.49/ SPK/ AIR/ VI/ 2024 didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rokan Hulu tahun 2024 , dengan nilai kontrak sebesar Rp.199.215.000,00.dan dipantau pengawas lapangan Memeng .

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu, Anton ST.MM, melalui Rades ST menyatakan bahwa normalisasi aliran sungai ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

“Selama ini, aliran sungai di Desa Tandun sering meluap saat hujan deras, menyebabkan banjir yang melimpah ke perkebunan sawit warga yang berada di sekitar aliran sungai,” sebut Rades ,Kabid Perairan Rabu (03/07/2024).

Kegiatan normalisasi ini diharapkan banjir dan erosi. Selain itu, upaya ini juga diharapkan dapat menjaga kelestarian lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dihimbau kepada pemilik lahan perkebunan sawit yang berada dipinggir aliran sungai diharapkan tidak membuang pelepah sawit hasil tunasan dari pohon sawit ke aliran sungai.

Hal itu dapat menimbulkan penyumbatan aliran sungai sehingga berakibat banjir pada lahan pertanian ataupun kebun sawit di sekitar sungai Lukasok Tandun, tegas Rades Kabid.

Sementara itu Masyarakat Desa Tandun dan Kades sambut baik adanya kegiatan normalisasi ini.

Kades Tandun Zulheri menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas PUPR yang di pimpin Anton ST.MM dikenal sebagai bapak pembangunan Infrastruktur RoHul atas upaya dan semangatnya untuk Rohul maju, imbuh Zulheri Kades Tandun.

“Mewakili seluruh masyarakat Desa Tandun kami sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah, khususnya Dinas PUPR karena dengan adanya normalisasi ini, kami tidak lagi khawatir akan adanya banjir yang nantinya dapat merusak kebun masyarakat,” ujarnya.

Normalisasi sungai ini merupakan bagian dari program kerja Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu dalam rangka meningkatkan infrastruktur dan menjaga keberlanjutan lingkungan yang sehat.

Menurut Anton ST MM keberhasilan normalisasi aliran sungai ini tidak lepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak, termasuk masyarakat setempat yang telah berpartisipasi aktif dalam setiap tahapannya.

“Kami berharap, dengan adanya proyek-proyek seperti ini, masyarakat dapat merasakan manfaat secara langsung dan kehidupan mereka menjadi lebih baik,” imbuh Anton mengakhiri.

*Ermiza Indah Pusvitanty

Leave A Reply

Your email address will not be published.