Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya
KARHUTLA ROHIL

Puncak Peringatan Kemerdekaan, Popshol Ãl Burdah Baa Khalish Gelar Maulid Kebangsaan

0 61

Faktanusantararaya.comBENGKALIS – Sebagai wujud syukur dan dalam mengisi peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Pondok Pesantren Sholawat (Popshol) Ãl Burdah Baa Khalish, Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, menggelar Maulid (Sholawat) Kebangsaan, Kamis malam, 17 Agustus 2023.

Dipandu langsung oleh Abah Ahmad Fadhli Inayatullah, selaku Pimpinan Popshol yang juga merupakan Pengasuh Majelis Ilmu dan Amal Ãl Burdah Baa Khalish 2002, kegiatan majelis sholawat dengan membacakan Maulid Simtudduror (Habsyi) ini dilangsungkan di halaman pesantren yang terletak di Jalan Bantan, Gang Melati, Desa Senggoro tersebut.

Kegiatan Sholawat Kebangsaan ini adalah puncak dari memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 oleh Popshol Ãl Burdah Baa Khalish. Dimana sebelumnya telah diselenggarakan berbagai acara, seperti Al Burdah Celebration dan Menziarahi Makam Pahlawan pada Rabu, 16 Agustus kemarin. Kemudian Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan Family Gathering serta puncaknya di malam hari dengan kegiatan Maulid Kebangsaan, Kamis, 17 Agustus 2023.

“Alhamdulillah, Popshol Ãl Burdah Baa Khalish pada tahun ini telah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Puncaknya adalah agenda Maulid Kebangsaan pada malam ini,” ujar Pimpinan Popshol Ãl Burdah Baa Khalish, Abah Ahmad Fadhli Inayatullah.

Beliau berharap semangat dalam memperingati kemerdekaan atas perjuangan para ulama, cendekia dan tokoh-tokoh pahlawan terdahulu dapat tumbuh subur kepada anak-anak bangsa, khususnya yang berada dalam asuhannya, sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi harga mati.

“Dalam memuji Allah SWT dan Rasulullah SAW., lewat Kegiatan Maulid Kebangsaan yang kita selenggarakan ini, kiranya Negara Kesatuan Republik Indonesia senantiasa tetap utuh dan harmonis, dan para pahlawan negara ini mendapatkan kemuliaan atas Rahmat Allah SWT melalui Syafa’at Baginda Nabi Muhammad SAW,” sebutnya.

Kiranya, lanjut Abah Fadhli, Maulid Kebangsaan yang merupakan kali pertama diselenggarakan di Popshol Ãl Burdah Baa Khalish ini, kedepannya diharapkan dapat dilaksakan kembali dan menjadi agenda tahunan.

“Hubbul Wathon Minal Iman (cinta tanah air sebagain dari iman).

Kiranya kita yang berada di negeri ini, di pulau Bengkalis ini dapat menjadi bagian dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” pungkasnya.

Sebagai informasi, bahwa pelaksanaan Maulid Kebangsaan ini tidak dilakukan seperti maulid pada umumnya.

Kegiatan ini dilakukan seperti dalam pelaksanaan upacara bendera, yaitu berdiri dari awal hingga akhir.

Kemudian pada saat mahalul qiyam simbol kebangsaan berupa Bendera Merah Putih di hadirkan di tengah-tengah majelis, seraya dikibarkan oleh para petugas.

Hadir dalam kegiatan Maulid Kebangsaan kal itu, acara malam tersebut, Koramil 01/Bengkalis, Sertu Mustaqim, Kapolsek Polsek Bengkalis, diwakili Aipda Hamdani, Ketua DPH LAMR Bengkalis, Datok Sofyan Said, Ketua Ansor Kabupaten Bengkalis, Wira Sugiarto dan para tamu undangan, masyarakat dan pengurus serta santri Popshol Ãl Burdah Baa Khalish.(inf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.