Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya

Tentukan Awal Ramadhan, Hilal Terlihat Di Pantai Raja Kecik

0 83

Faktanusantararaya.comBengkalis-Guna menentukan awal Ramadhan 1444 Hijriah, Kementerian Agama Provinsi Riau menggelar Rukyatul Hilal di Pantai Raja Kecik, Desa Muntai.

Pemantauan dilakukan diujung jembatan Datuk Bandar Jamal. Jaraknya diperkirakan sekitar satu kilometer dari bibir pantai ke lepas pantai.

Pemantauan digelar sekitar pukul 18.21 WIB hingga 18.59 WIB. Atau sekitar 36 menit saat hilal terlihat di utara matahari, Rabu petang, 23 Maret 2023.

Teleskop pemantau dipasang dititik koordinat 01°31’55.68″ LU atau 102°24’56.03″ BT dengan ketinggian sekitar 4 meter dari permukaan laut.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kementerian Agama Riau Agustiar memimpin langsung pemantauan hilal.

Didampingi Kepala Kemenag Bengkalis Khaidir dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bengkalis Andris Wasono.

Menurut Agustiar, pemantauan dipilih di pantai ini karena hasil survei yang dilakukan tim Kemenag Riau kondisi pantai cukup luas.

Ketika melakukan teropong bulan tidak ada hambatan yang menghalangi pandangan.

“Kecuali kondisi berawan baru kondisi terhalang. Jadi tempat sangat strategis untuk melakukan peneropongan,” tambahnya.

Berdasarkan pantauan, Andris Wasono mengatakan dirinya, sudah melihat anak bulan, hilal terlihat dari pantauan alat Theodoid Merk Ruide Disteo 23.

“Ada 4 orang yang melihat salah satunya dari Kemenag Kabupaten Bengkalis, dari Kemenag Provinsi Riau, Plt. Kabag Kesra dan saya sekitar pukul 18.30 WIB,” ujarnya.(adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.