Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya

APBD Koyak Dugaan ribuan THL Fiktiv Era Sekda Yusri, Gaji Cair Orang Tidak Ada

0 146

Faktanusantararaya.com, BANGKINANG KOTA – Wajar PJ Bupati Kampar bingung dengan kondisi tenaga harian lepas (THL) di Kampar, dalam data ada ribuan namun dilapangan yang ada hanya ratusan orang.

THL ini tersebar diberbagai instansi seluruh OPD, Sekretariat Dewan, Rumah Sakit dan Sekretariat Kantor Bupati. Kuat dugaan namanya ada dan terima gaji namun yang ambil adalah pejabat dilingkungan OPD setempat.

“Dugaan skandal ini sudah mainan lama oknum pejabat cari duit masuk namun seolah olah tidak terjadi apa apa, karena tidak terpantau, coba saja kalikan kalau cair gaji dikantor ada 50 orang THL fiktip berapa duit yang menguap masuk kantong oknum” kata Kenedy dari Kaukus Global Transparansi, senin pagi.

Menurut Kenedy bahwa PJ Bupati Kampar harus berani menertibkan ini, jangan tebang pilih, kondisi THL melonjak jumlahnya diduga sejak 5 tahun belakangan Yusri menjabat sebagai sekda.

“Semoga saja ada audit internal terhadap THL se Kabupaten Kampar” kata Kenedy.

Apel Perdana soroti THL Muhammad Firdaus untuk pertama kali sebagai Penjabat Bupati Kampar memimpin apel gabungan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang diikuti seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga harian lepas (THL) di di halaman Kantor Bupati Kampar, Senin (29/5/2023).

Sebelumnya setelah dilantik sebagai Pj Bupati Kampar pada Selasa (23/5/2023) lalu Firdaus melakukan pisah sambut dengan Pj Bupati Kampar sebelumnya H Kamsol dan dilanjutkan silaturahmi dengan forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Kampar beberapa hari terakhir.

Diantara pejabat yang tampak hadir pada apel perdana hari ini adalah Pj Sekda Kampar H Azwan, para Staf Ahli Bupati Kampar, para asisten, para pimpinan OPD, camat Se Kabupaten Kampar.

Dalam pengarahannya Firdaus mengatakan, apel gabungan ini dila?sanakan sebagai satu upaya penegakan disiplin.

Ia menyoroti kedisiplinan para ASN dan THL Pemkab Kampar berdasarkan informasi dan masukan yang ia terima dari beberapa pihak.

“Kepada pimpinan masing-masing OPD agar lebih mengontrol dan meningkatkan terapan kedisiplinan terhadap bawahannya.

Hal ini saya sampaikan dikarenakan masukan dari masyarakat bahwa untuk tingkat kedisiplinan dari ASN dan THL di Kampar ini sudah sangat memprihatinkan” tegas Firdaus.

Disamping itu ia menghimbau agar seluruh ASN dan THL di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar agar selalu mendedikasikan diri pada pembangunan untuk kemajuan Kabupaten Kampar kedepan dengan meningkatkan semangat dan etos kerja serta menjalankan pekerjaan dengan profesional dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selanjutnya Pj. Bupati Kampar pada kesempatan ini menyerahkan piagam apresiasi atas Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi (MCP) KPK-RI Tahun 2022 di Wilayah Provinsi Riau kepada Pemerintah Kabupaten Kampar.

Ada tiga kategori yang diraih oleh Kabupaten Kampar, yaitu kategori Survei Penilaian Integritas (SPI) dengan poin 18,27.

Selanjutnya kategori Pemulihan dan Penertiban Aset Tahun 2022 berupa Rumah Dinas sebanyak lima unit dan kategori Pemulihan dan Penertiban Aset Tahun 2022 Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) dari 27 Perumahan. (Admin)

Leave A Reply

Your email address will not be published.