Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya

Bupati Rohil Tinjau Lokasi Zero Point Smart City di Bagansiapiapi

0 78
KARHUTLA ROHIL

Faktanusantararaya.com, Rokan Hilir – Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP bersama Wakil Bupati H Sulaiman SS MH dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kadis Kominfotik) Indra Gunawan SE MH, mengunjungi lokasi Zero Point Smart City di Jalan Merdeka depan Dekranasda Bagansiapiapi, Selasa (2/5/2023). Peninjauan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Rohil H Fauzi Efrizal Ssos MSi, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf M Erfani SH, M.Tr (Han), Asisten lll Ali Asfar, MSi, dan Kadis Perindagsar Mursal SH.

Afrizal Sintong SIP, Bupati Rohil, menjelaskan melalui Indra Gunawan SE, MH bahwa Zero Point Smart City merupakan program yang diinisiasi oleh Bupati Rohil untuk meningkatkan pelayanan publik di bidang digitalisasi pengawasan dan kenyamanan masyarakat di kota Bagansiapiapi, serta menjadikannya bagian dari kota cerdas di Indonesia.

“Kemarin beliau sewaktu kunjungan kerja ke Pemkab Semarang, beliau melihat teknologi Smart City luar biasa. Bupati Afrizal Sintong ingin kita terapkan di Bagansiapiapi. Kami dari Kominfo Rokan Hilir mencoba menghubungi pihak PLN Icon Plus dengan mengirimkan surat kepada Icon Plus sebagai suatu permohonan untuk menerapkan Point Smart City di kota Bagansiapiapi sebagai Smart City perdana di kota Bagansiapiapi,” jelas Indra Gunawan.

Diketahui bahwa pihak PLN Icon Plus menyambut baik inisiatif ini. “Alhamdulillah, pihak Icon Plus menyambut baik, dan pada hari ini kita saksikan bersama-sama, tadi sudah di-launching oleh Bapak Bupati, tonggak sejarah, tonggak perdana Smart City yang ada di kota Bagansiapiapi. Nanti kami dari Kominfotik juga akan bekerja sama dengan perhubungan dan kepolisian,” tambah Indra. 

GoRiau

Indra juga berharap agar pelayanan publik dan kenyamanan masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), khususnya kota Bagansiapiapi, dapat lebih ditingkatkan dengan penambahan titik baru CCTV ini.

Sementara itu, Manajer PLN Icon Plus Rohman Wachid mengatakan bahwa untuk sementara pemasangan CCTV di kota Bagansiapiapi baru dilaksanakan di 1 titik di depan Dekranasda Kota Bagansiapiapi. “Untuk titik-titik selanjutnya akan didiskusi lagi dimana lokasi yang akan dipasang. Prioritasnya bagaimana kedepannya itu kita sesuaikan bersama-sama. Uji coba ini kita coba selama 1 bulan dulu,” ungkap Rohman. 

Rohman melanjutkan, CCTV ini merupakan salah satu dari beberapa solusi yang dimiliki PLN Icon Plus, yang bergerak di bidang Smart City. Sebagai anak perusahaan dari PLN Grup, PLN Icon Plus memiliki beberapa alternatif solusi, mulai dari aplikasi, CCTV, TV, hingga koneksi-koneksi dan bion KWH yang lainnya.

Dengan adanya Zero Point Smart City di Bagansiapiapi, diharapkan kota ini dapat semakin maju dalam pengembangan teknologi dan digitalisasi untuk meningkatkan pelayanan publik serta kenyamanan bagi masyarakat. Kerja sama antara pemerintah daerah, PLN Icon Plus, dan pihak terkait lainnya, seperti perhubungan dan kepolisian, akan menjadi kunci keberhasilan implementasi Smart City ini di kota Bagansiapiapi. (Infotorial)

Leave A Reply

Your email address will not be published.