Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya

Diikuti 80 Peserta, Bupati Rohil Resmi Tutup Pelatihan Dasar CPNS

0 52

Faktanusantararaya.com | Rohil – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, M.Si secara langsung menutup Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil Tahun anggaran 2023, Sabtu (2/9/2023).

Acara penutupan yang dipusatkan di salah satu hotel di Bagansiapiapi tersebut tampak dihadiri Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Asisten l Fery H Parya, Direktur RSUD RM Pratomo Bagansiapiapi dr Tri Buana Tungga Dewi, Kepala BKPSDM Acil Rustanto, beberapa kepada OPD dan berbagai unsur lainnya. Kepala BPSDM Provinsi Riau juga turut hadir secara virtual.

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, M.Si dalam sambutannya mengatakan, ucapkan selamat kepada seluruh peserta Diklat yang telah berhasil mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar secara Blended (elerning dan classical) melalui metode pembelajaran jarak jauh dan tatap muka secara langsung, yang wajib diikuti oleh semua Calon Pegawai Negeri Sipil.

“Inilah sebuah proses yang mau tidak mau, suka atau tidak suka, harus dikuti oleh setiap Pegawai Negeri Sipil sebagai salah satu persyaratan untuk bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil,” kata Bupati.

Meski metode pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan Teknologi Informasi, seluruh peserta dapat mengikuti semua kegiatan yang telah diagendakan dengan lancar tanpa halangan apapun, serta dapat mematuhi peraturan-peraturan disiplin yang diberlakukan.

Selain banyaknya materi yang telah disampaikan oleh para Widyaiswara lanjut Bupati, pada Diklat ini diterapkan Peraturan-Peraturan yang ketat, untuk melatih peserta agar memahami dan mau belajar mendisiplinkan diri serta menghormati dan mematuhi setiap peraturan yang dibuat.Disiplin dan patuh terhadap peraturan adalah sikap-sikap yang harus ditanamkan dan ditumbuhkan di dalam diri setiap Pegawai Negeri Sipil, karena seorang Pegawai Negeri Sipil harus bisa menjadikan dirinya sebagai contoh dan panutan bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan beberapa pesan diantaranya, agar para PNS nantinya dapat menerapkanlah berbagai ilmu yang telah didapat selama mengikuti Pelatihan Dasar tersebut.

Sebab terang Bupati, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Rokan Hilir bersama BPSDM Provinsi Riau telah bekerja keras untuk membantu dan memfasilitasi para CPNS memenuhi kewajiban mengikuti Latsar.

“Sebab, apa yang telah saudara dapatkan selama mengikuti Diklat tersebut adalah bekal awal dalam bekerja sebagai Aparatur Negara,” paparnya.

Kemudian, Bupati juga berpesan agar CPNS nantinya dapat melaksanakan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab di lingkungan kerja masing-masing.

“Kita harus mampu menjadi Aparatur yang mempunyai etos kerja yang tinggi. Bekerjalah sesuai dengan tupoksi di OPD tempat kita bekerja. Ketekunan dan Kedisiplinan anda menentukan berhak atau tidaknya saudara diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil,” jelasnya.

Selain itu, Bupati meminta agar para CPNS menjadi Aparatur yang amanah, aparatur yang memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat dan bangsa. Apalagi jelas Bupati, sebagai abdi negara, para PNS harus bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dalam membantu pemerintah daerah untuk memajukan daerah.

“Selalu tingkatkan kemampuan kapasitas dengan berbagai bekal pengetahuan dan keterampilan. Sebab kedepan tugas semakin berat, mari bekerja dengan ikhlas dan bantu kami dalam membangun daerah yang kita cintai ini,” katanya.

Bupati menambahkan, dari 80 CPNS yang mengikuti pelatihan dasar, lebih banyak berasal dari luar Kabupaten Rohil. Sehingga, Bupati meminta agar para CPNS yang berasal dari luar daerah agar pindah dan tinggal menetap di Kabupaten Rohil.

“Kami meminta dan berharap semua PNS ini tinggal dan menetap di Rohil agar dapat fokus dalam bekerja,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati turut menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Kepala BPSDM Provinsi Riau beserta jajarannya, Para Widyaiswara, dan Panitia Penyelenggara yang tanpa henti terus melanjutkan tugasnya masing-masing dalam pelaksanaan kegiatan Latsar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.