Fakta Nusantara Raya
Portal Berita Fakta Nusantara Raya
KARHUTLA ROHIL

Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ke-239, DPRD Pekanbaru: Masyarakat Juga Diundang

0 108

Faktanusantararaya.com, PEKANBARU- Sekretariat DPRD Pekanbaru sudah beberapa kali menggelar rapat, jelang dihelatnya Rapat Paripurna Istimewa Peringatan HUT Kota Pekanbaru ke-239, tahun ini. Paripurna ini sendiri digelar setelah apel dan sejumlah kegiatan seremoni lainnya, Jumat (23/6/2023) .

Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST memaparkan, sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ini sebenarnya, agenda rutin yang dilaksanakan DPRD Pekanbaru setiap tahunnya.

“Undangan semua pihak terkait sudah disiapkan. Termasuk juga Gubernur Riau Syamsuar dijadwalkan hadir nantinya. Sekretariat sudah mempersiapkan secara rinci,” kata Sabarudi .

Syamsuar dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Riau, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DPRD Pekanbaru atas penyelenggaraan sidang paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru ke – 239 tahun 2023. Sidang dewan seperti ini diselenggarakan untuk memberikan makna dan arti penting bagi kelahiran sebuah daerah oleh masyarakat Kota Pekanbaru.

“Tidaklah berlebihan kiranya kami sampaikan bahwa momentum peringatan hari jadi ini telah menjadi catatan penting bagi legislatif dalam membuat warna baru penyelenggaraan hari jadi yang tidak hanya semarak dengan even seremonial, tetapi tercatat dalam lembaran Daerah sebagai sebuah agenda rutin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru sekaligus sebagai produk legislatif yang sangat monumental,” kata Syamsuar. 

Ia menuturkan, pembangunan suatu daerah merupakan kewajiban untuk mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing Daerah.

Keberhasilan pembangunan ini dapat dilihat dari capaian indikator makro pembangunan Provinsi Riau yang merupakan kontribusi dari Kabupaten/Kota, termasuk Kota Pekanbaru yakni Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau meningkat menjadi 4,55% pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 sebesar 3,36%.

“Kota Pekanbaru berkontribusi paling tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau dengan tingkat pertumbuhan tahun 2022 sebesar 6,78%, angka ini diatas pertumbuhan Provinsi,” ungkapnya. 

Selanjutnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2022 sebesar 73,52, (kategori tinggi) mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2021 sebesar 72,94. Kota Pekanbaru berkontribusi paling tinggi terhadap Provinsi Riau dibandingkan kabupaten/kota lainnya, dengan IPM Kota Pekanbaru tahun 2022 sebesar 82,06 (katogori sangat tinggi).

Tingkat Pengangguran Terbuka pada tahun 2022 sebesar 4,37%, membaik dibandingkan tahun 2021 sebesar 4,42%. Kota Pekanbaru dengan Tingkat Pengangguran Terbuka tahun 2022 sebesar 6,40% dibawah capaian Provinsi, namun berhasil menurunkan secara signifikan dari tahun 2021 mencapai 8,29%.

Tingkat Kemiskinan menurun dari 7,00% pada tahun 2021, menjadi 6,84% pada tahun 2022. Kota Pekanbaru dengan tingkat kemiskinan paling rendah dibandingkan kabupaten/kota lainnya se-Provinsi Riau tahun 2022 sebesar 2,83%.

Dalam pelaksanaan pembangunan, Pemerintah telah membagi kewenangan mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Namun demikian sebagai wujud perhatian Provinsi kepada Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, termasuk Kota Pekanbaru dengan beberapa Bantuan Keuangan dan kebijakan yang menjadi kewenangan Provinsi pada APBD Provinsi Riau untuk Kota Pekanbaru, diantaranya bidang pendidikan,” sebutnya.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam kesempatan ini menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua anggota DPRD Pekanbaru, unsur forkompimda, akademisi, pihak swasta yang sudah bahu-membahu membangun Kota Pekanbaru, hingga sampai berkembang pesat saat ini.

“Semoga Kota Pekanbaru lebih baik lagi ke depannya. Tentunya hubungan harmonis ini, terus terjalin,” harapnya.

Diakui Uun begitu panggilan akrabnya, memang punya tugas berat selama menjabat Pj Wako, dan ini di usia 239 Kota Pekanbaru adalah tahun keduanya.  Dijelaskan Uun, HUT Pekanbaru ke-239 ini, Pemko Pekanbaru mengusung tagline Pekanbaru Bergerak, Tumbuh dan Bermarwah.

Pekanbaru Bergerak artinya mencerminkan semangat yang tinggi. Sedangkan Pekanbaru Tumbuh dan Bermarwah artinya, masyarakat dan pemerintah harus bersama untuk mencapai semua aspek yang ada, namun sesuai dengan marwah Kota Pekanbaru (Adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.